Masukan dari pembaca Ipbblog tentang rumah subsidi


Rumah subsidi,

Menindaklanjuti banyaknya pertanyaan, keinginan dan kebutuhan rumah di kisaran harga rumah subsidi ini memang masih menjadi hunian yang paling banyak dicari.. dan ipbblog pun berusaha untuk mendapatkan informasi-informasi dari perumahan-perumahan tersebut.. namun, memang developer-developer yang ingin memberikan suplai kebutuhan pasar di unit rumah subsidi ini tidak banyak.. apalagi kendala sana dan sini yang akhirnya banyak menimbulkan keluahan dari para konsumen rumah subsidi ini..

Sehingga tidak mudah ipbblog menemukan rumah subsidi yang sesuai dengan keinginan konsumen pencari rumah subsidi, yaitu :

  • lokasi yang dekat kota
  • kualitas bangunan yang baik
  • fasilitas yang baik, seperti kebutuhan air dan transportasi
  • proses pembangunan yang cepat, mulai dari booking, BI cheking, Dp sampai akad kredit dan pembangunan

Semua faktor di atas tidak lah mudah.. contohnya Alama Sanggar Indah, yang menurut ipbblog merupakan rumah subsidi yang cukup baik sarana di dalamnya, namun akhir-akhir ini menimbulkan masalah seperti adanya cluster-cluster yang baru dibangun. Bahkan sebelumnya sangat dikeluhkan terhadap kualitas bangunan perumahan tersebut.

dan terakhir masuk kritik yang membangun tentang konten/isi blog yang akhirnya lebih banyak dari artikel-artikel rumah komersil.. yaitu :

“Dulu pas masih di blog sya suka sama perumahanbandung, jadi kaya grup band idealis yg ga pernah ngikutin arus…
Dan dulu saya fans beratnya info tentang rumah subsidi selalu update dan paling cepet informasinya…
Tapi sekarang lebih condong ke komersil dan rumah non subsidi, jadi berubah terbalik dengan awal berdirinya…
Maaf cuma curhat aja”

Dari hal tersebut ipbblog juga bisa memberikan sedikit penjelasan kenapa rumah subsidi agak sedikit pengembang yang menyediakan unit ini, karena :

  • harga lahan di Bandung Raya tidak semurah di lokasi lain seperti Kabupaten bekasi hingga Cikarang. Lalu sampai ke Kabupaten Bogor, juga ke Kabupaten Tangerang..
  • Ada daerah yang terbatas untuk proses pembangunan seperti daerah KBU (Kawasan Bandung Utara) yang sangat perlu banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk membangun hunian di KBU tsb
  • dari unit subsidi yang harga tanahnya pun sudah tinggi memaksa pengembang untuk mensiasati dengan harga di luar harga jual yang nilainya dimasukkan ke UM. Sehingga peraturan yang menurut pemerintah dengan UM 1%, menjadi percuma jika ditambah dengan Uang Muka tambahan dengan bahasa “peningkatan mutu” yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Bahkan dari website sejuta rumah milik pemerintah pun, sangat banyak yang masih terdapat rumah komersil yang datanya dimasukkan.. dan dari beberapa unit subsidinya pun sudah banyak yang sudah tidak up to date, mengingat dari perumahan subsidi tersebut bisa dikatakan sudah habis terjual karena dari 100% unit yang dibangun mungkin hanya sekitar 50% unit yang dijual secara FLPP..

Tapi bagaimana pun, ipbblog menjadi termotivasi kembali untuk mencoba mencari data-data unit subsidi lainnya di Bandung Raya..

-ipbblog-

Iklan

Silahkan jika ada pertanyaan dan informasi lainnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s