Air Adalah Salah Satu Pertimbangan Utama dalam Memilih Hunian


Admin tinggal di salah satu perumahan di Kawasan Bandung Barat yang bukan di daerah pegunungan. Admin sudah tinggal di sini selama 6 tahun. Ketersediaan air yang digunakan adalah air tanah dengan menggunakan mesin/pompa air jenis Semi Jetpump.

MenurunkanMesinAir

Admin akan berbagi pengalaman terkait ketersediaan air di kawasan Admin tinggal, di mana semua tetangga Admin sama-sama mengalami hal yang serupa saat musim kemarau tiba dan dalam waktu yang lama.

Semua ini tentunya juga berlaku di seluruh kawasan di Bandung Raya, kecuali kawasan yang menjadi lumbung air bahkan dengan suplai mata air sekalipun seperti di :

  • Lembang,
  • Ciwidey dan
  • Soreang.

Pastinya selain ke 3 kawasan tersebut permukaan airnya setiap tahun saat musim kemarau berkepanjangan akan mengalami penurunan permukaan.

Berikut pengalaman ketersediaan air di tempat tinggal Admin.

  1. Tahun 2013 Admin mulai tinggal di tempat tinggal di sini Admin membuat sumur bor semi jet pump (casing 2 inch) dengan kedalaman 18 meter, entah (lupa) berapa kedalaman casing yang Admin masukkan, apakah full atau setengahnya hehe,
  2. Selama 6 tahun Admin sudah menurunkan permukaan mesin air sedalam 1,5 meter, hal tersebut dilakukan saat musim kemarau ditandai dengan penurunan permukaan air tanah,
  3. Artinya penurunan permukaan air tanah terendah saat musim kemarau adalah 25 cm per tahun !!
  4. Maka 10 tahun ke depan pompa air harus turunkan menjadi 4 meter ??

Tahun ini permukaan air tanah berada di kedalaman 11 meter, jika penurunan air tanah 25 cm per tahun, maka 10 tahun ke depan akan menjadi 13,5 meter 30 tahun ke depan permukaan air di kedalaman 18,5 meter.

Tidak lain ketersediaan air merupakan hal vital dan dan akan menjadi bom waktu ke depannya.. terutama untuk anak cucu kita.

MenurunkanMesinAir2

Pastinya dalam waktu dekat sumur bor Admin harus diganti menjadi mesin air Jet pump yang saat ini sudah ada modifikasi mata jet pump casing 2 inch.

Apakah di masa yang akan datang harus membuat sumur artesis ?

Nah yang pasti, kawasan yang menjadi lumbung air bahkan dengan suplai mata air sekalipun seperti di :

  • Lembang,
  • Ciwidey dan
  • Soreang.

 

Silahkan jika ada pertanyaan dan informasi lainnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s