Pendapat ipbblog tentang beberapa kavling dan perumahan yang dijual murah padahal sertifikat masih AJB


Sertipikat

sumber : birojasasabila.wordpress.com

Kata yang disahkan menjadi “sertipikat” tsb sangat dinanti-nanti oleh pemilik rumah atau tanah, karena berkas surat-surat penting ini adalah benar-benar sangat penting dalam urusannya dengan properti. Tanpa sertipikat, nilai jualnya bisa jatuh di bawah NJOP.. bahkan yang lebih penting lagi adalah berkekuatan hukum..

Ok, kita masuk ke pembahasan inti ya.. perihal sertipikat ini sudah sangat dibutuhkan dalam dunia properti perumahan seperti yang dibahas ipbblog di blog ini.. Lantas, adakah perumahan atau lahan kavling yang masih berstatus belum bersertifikat ? ternyata ada dan bahkan banyak..

Kita bayangkan dulu, jika sebidang lahan yang masih AJB (belum bersertipikat), kemudian diperjual belikan, memang jika tidak memperhatikan legalitas, sah-sah saja dalam hal mencari keuntungan dan kebutuhan. Tapi jika sudah masuk legalitas, bisa runyam ke depannya.. kenapa ?

Tanah AJB itu :

  1. bidang tanah / unit yang dijual belikan masih menginduk ke tanah utamanya sehingga butuh waktu lagi untuk men-split bagian per bagian menjadi bagian yang terkecil. Jika ke depannya pemilik tanah utamanya sudah (maaf) meninggal, maka jangan sampai ahli waris balik mengklaim tentang tanah-tanah tersebut.. sehingga bisa menimbulkan sengketa.
  2. Proses Split tanah sampai ke sertipikat membutuhkan waktu yang lama (cenderung lebih dari 1 tahun)
  3. Jika hanya bertatus AJB, tidak akan bisa membuat IMB.. jika tidak ada IMB, bisa dibongkar bangunan yang sudah terbangun..

So.. masalah ini tetap harus menjadi perhatian utama :

https://infoperumahanbandung.com/informasi-notaris-dan-ppat/

Iklan

Silahkan jika ada pertanyaan dan informasi lainnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s